Adsense Link 728 X 15;

AS Tutup Kedubes di Suriah

Posted by selaluadadisiniuntukmu Senin, 06 Februari 2012 0 komentar
Adsense Content. recommended 336 X 300
AS Tutup Kedubes di Suriah

SERAMBINEWS.COM, WASHINGTON DC -- Amerika Serikat memutuskan menutup kedutaan besarnya di Damaskus, Suriah, dan menarik pulang seluruh diplomatnya, Senin (6/2/2012). Langkah ini diambil karena AS khawatir kedubesnya di Damaskus tidak aman dari ancaman serangan bersenjata.

"AS telah menutup untuk sementara operasi kedutaan besar kami di Damaskus per 6 Februari. Duta Besar Robert Ford dan semua personel AS telah meninggalkan negara tersebut," demikian bunyi pernyataan Departemen Luar Negeri AS, Senin pagi waktu setempat atau Senin malam WIB.

Deplu AS khawatir dengan keselamatan para diplomatnya setelah terjadi peningkatan gelombang kekerasan di Suriah, termasuk pengeboman di Damaskus pada 23 Desember 2011 dan 6 Januari 2012.

"Kami bersama beberapa misi diplomatik lainnya telah menyampaikan kekhawatiran kami soal keamanan ini kepada pemerintah Suriah, tetapi pihak rezim gagal merespons kekhawatiran itu dengan baik," ungkap pernyataan tersebut.

Deplu AS sudah sejak bulan lalu mengancam akan menutup Kedubes AS di Damaskus apabila isu keamanan ini tidak ditanggapi. Meski demikian, penutupan perwakilan diplomatik AS ini juga bisa dilihat sebagai eskalasi tekanan AS kepada Presiden Suriah Bashar Al-Assad agar segera turun.

"Kami sudah berulang kali mengirim pesan bahwa sudah tiba waktunya Assad pergi. Ini bukan lagi pertanyaan jika (Assad mundur), tetapi kapan," tandas Presiden AS Barack Obama dalam wawancara dengan stasiun televisi NBC yang disiarkan, Senin.(Dahono Fitrianto)

Adsense Content. bottom of article

0 komentar:

Posting Komentar