Adsense Link 728 X 15;

Suku Bunga Kredit Mikro 20-22 Persen

Posted by selaluadadisiniuntukmu Rabu, 01 Februari 2012 0 komentar
Adsense Content. recommended 336 X 300
Suku Bunga Kredit Mikro 20-22 Persen

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Sekitar 3 tahun hingga 4 tahun lalu, suku bunga kredit mikro bisa mencapai 36 persen. Namun saat ini sudah turun hingga kisaran 20-22 persen.

Direktur PT Bank Bukopin Tbk, Tri Joko Prihanto, mengemukakan hal itu di Jakarta, Rabu (1/2/2012).

Joko beralasan, banyaknya sumber daya manusia yang diperlukan untuk menggarap pasar kredit mikro, membuat biaya operasional menjadi tinggi. Akibatnya, suku bunga juga cukup tinggi.

Dibandingkan dengan suku bunga rata-rata kredit korporasi yang pernah disampaikan Deputi Gubernur Bank Indonesia, Halim Alamsyah, beberapa waktu lalu, suku bunga kredit mikro memang relatif tinggi. Suku bunga kredit korporasi bisa berada pada kisaran 10-12 persen.

Joko memaparkan, dari total kredit yang dibukukan Bank Bukopin sebesar Rp 38 triliun, sekitar 60 persennya berupa kredit usaha kecil menengah (UKM) dan mikro.

Khusus Rp 2,5 triliun di antaranya berupa kredit mikro, yang disalurkan secara langsung maupun melalui channeling dengan bank perkreditan rakyat dan koperasi.

"Dari channeling itu, kami dapat bunganya sekitar 4 persen. Di lapangan, kredit melalui BPR dan koperasi itu jatuhnya suku bunga sekitar 20-24 persen," kata Joko.

Beberapa waktu lalu, Gubernur BI Darmin Nasution mengemukakan, suku bunga kredit mikro tak bisa turun sendiri. Perlu campur tangan Pemerintah Daerah dalam memberikan jaminan kredit. (Dewi Indriastuti)

Adsense Content. bottom of article

0 komentar:

Posting Komentar