Adsense Link 728 X 15;

Waduk Fulawan Mengalami Kedangkalan Serius

Posted by selaluadadisiniuntukmu Kamis, 15 Maret 2012 0 komentar
Adsense Content. recommended 336 X 300
Waduk Fulawan Mengalami Kedangkalan Serius

Sinabang | Harian Aceh - Anggota DPRK Simeulue Rasmanudin mengatakan, Waduk PDAM Fulawan di Gampong Kuala Makmur, Kecamatan Simeulue Timur, mengalami pendangkalan yang sangat serius. Kondisi ini berpotensi menjadi ancaman terhadap ketersediaan air bersih di kabupaten kepulauan itu.

Rasmanudin, Ketua Pansus DPRK Simeulue yang turun langsung untuk memastikan realisasi pembangunan sesuai Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Akhir Masa Jabatan (AMJ) Bupati Darmili, Rabu (14/3) mengatakan, ketinggian air Waduk PDAM Air Fulawan hanya berkisar 1.5 meter, selebihnya dipenuhi endapan lumpur. Dia juga memperkirakan, debit air yang tersedia di dalam waduk PDAM Air Fulawan seluas 15×20 meter tersebut, hanya sebanyak 250 ton saja. Kenyataan ini, jelas berbanding terbalik dengan kebutuhan air untuk ribuan masyarakat Simeulue.

Rasmanudin juga menilai kondisi ini tak sebanding dengan anggaran yang sudah digelontorkan untuk PDAM tersebut. “Pada 2011 dan 2012 ada Rp4,2 miliar yang bersumber dari dana APBK dan Provinsi Aceh dialokasikan ke sana,” katanya.

Menurut dia, pendangkalan yang sangat serius tersebut disebabkan sistem pengawasan PDAM dan pemerintah setempat sangat lemah, bahkan cenderung mandul. “Sistem pengawasan sangat lemah dan dianggap mandul,” katanya. Itulah sebabnya, kata Rasmanuddin, temuan ini dianggap perlu dipertanggungjawaban oleh bupati dan jajarannya. “Itu bendungan sejak dibangun telah menelan biaya miliaran rupiah dari sumber dana Hibah, Provinsi dan APBK, tapi yang ada, hanya kekecewaan semata,” pungkasnya. (ahm)

Follow Twitter
Adsense Content. bottom of article

0 komentar:

Posting Komentar