Adsense Link 728 X 15;

GM PT PLN Wilayah Aceh: Nantinya Seluruh Pelanggan Harus Beralih ke LPB

Posted by selaluadadisiniuntukmu Sabtu, 28 Januari 2012 0 komentar
Adsense Content. recommended 336 X 300
GM PT PLN Wilayah Aceh: Nantinya Seluruh Pelanggan Harus Beralih ke LPB

Bireuen | Harian Aceh – Dalam waktu yang tak terlalu lama lagi dan dengan konsekwensi apapun (suka atau tak suka), seluruh pelanggan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) bakal diharuskan beralih ke Listrik Pra Bayar (LPB).  

Demikian antara lain disampaikan GM PLN Wilayah Aceh Ir H Sulaiman Daud, didampingi Manager PLN Aceh Bidang Niaga, Ir H Husaini Moein dan Manager PLN Rayon Bireuen Ridwan Adam kepada wartawan di sela-sela penanaman pohon produksi di Kantor PLN Rayon Bireuen, Kamis (26/1) petang.

Lebih lanjut dia mengatakan, sepanjang tahun 2012, PLN Aceh menargetkan sedikitnya 179.000 pelanggan listrik migrasi (beralih) menggunakan jasa Listrik PraBayar (LPB). Jumlah itu belum termasuk target pemasangan sambungan baru kepada sekitar 42.000 pelanggan.

“Jumlah ini memang masih sangat kecil dibanding dengan jumlah pelanggan PLN di Aceh. Sebenarnya PLN menginginkan target migrasi lebih besar,” katanya. “Provinsi Aceh sejauh ini merupakan daerah yang Ratio Elektrifikasinya mencapai 96 persen, sebuah capaian terbesar di Indonesia.”

“Ratio Elektrifikasi adalah standarisasi angka masyarakat pengguna listrik berskala regional. Pencapaian Aceh terbesar di Indonesia, di luar Aceh bahkan di Pulau Jawa, belum ada provinsi yang mendapat Ratio Elektrifikasi di atas 80 persen. Hal itu setidaknya menjadi beban besar bagi PLN Aceh.”

“Beban tersebut mengingat persoalan besar yang dihadapi PLN Wilayah Aceh kini adalah tingginya beban tunggakan rekening listrik sejak 2005 sampai 2012. Tahun 2005, tunggakan rekening pelanggan di Aceh mencapai Rp179 miliar. Akhir Desember 2011, saldo tunggakan turun hingga Rp86 miliar.”

Meski turun signifikan, kata Sulaiman, tunggakan itu merupakan tunggakan kedua terbesar di Indonesia setelah Maluku. “Aceh punya prestasi di sisi Ratio Elektrifikasi, tunggakan juga cukup besar,” katanya. “Begitupun fasilitas dan pemeliharaan tetap jalan demi pelayanan terbaik kepada pelanggan.”(del)

Follow Twitter
Adsense Content. bottom of article

0 komentar:

Posting Komentar