Adsense Link 728 X 15;

Kemenperin dukung mobil nasional secara rasional

Posted by selaluadadisiniuntukmu Selasa, 31 Januari 2012 0 komentar
Adsense Content. recommended 336 X 300
Kemenperin dukung mobil nasional secara rasional

SERAMBINEWS.CO, JAKARTA -- Menteri perindustrian menegaskan ingin mewujudkan mobil nasional, tapi tetap dengan sikap realistis dalam perencanaan. Misalnya menentukan Cylinder Capacity (cc) dari mobil tersebut agar tidak kalah bersaing teknologinya 100% dimiliki industri dalam negeri.

"Saya sih menyarankan 700 cc setelah itu baru bertahap naik. Karena jika mau langsung di 1.500 cc di sana semua merek terkenal di dunia sudah malang melintang, jadi tidak langsung gagal habis launching," ujar Menteri Perindustrian M.S Hidayat usai rapat dengan komisi VI DPR RI, Selasa (31/1).

Dari road map yang dibuat Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Indonesia baru mampu memproduksi mobil nasional secara utuh, baik dari partisi atau rakitan pada 2025. Sehingga produksi mobil nasional ini menurutnya harus dilakukan secara bertahap.

Dengan memproduksi mobil cc kecil, Menperin tetap membuka kemungkinan prinsipal lokal bekerja sama dengan prinsipal asing hingga 3 sampai 4 tahun hingga industri dalam negeri bisa memproduksi komponen sendiri, sambil memperhatikan kondisi pasar. Ia menyatakan bisa juga dengan menggandeng merek asing seperti yang dilakukan India dengan Suzuki Maruti.

"Jangan cuma jualan tapi kalah bersaing," tegasnya. Menurut Hidayat hal yang terpenting adalah menentukan kriteria mobil yang nantinya akan diproduksi serta acuan yang harus disepakati.

"Kita bisa melahirkan mobil nasional setelah kriterianya kita buat yang jelas, dan mendukungnya secara rasional bukan emosional, karena kita tidak mau gagal," ujar MS.Hidayat

Adsense Content. bottom of article

0 komentar:

Posting Komentar