Adsense Link 728 X 15;

Golkar Latih Ratusan Pengusaha Kecil

Posted by selaluadadisiniuntukmu Sabtu, 28 Januari 2012 0 komentar
Adsense Content. recommended 336 X 300
Golkar Latih Ratusan Pengusaha Kecil

Meulaboh | Harian Aceh – Partai Gokar Aceh melatih ratusan pengusaha kecil di Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat dan Kabupaten Nagan Raya, di Hotel Meuligo Meulaboh, Sabtu (28/1). Menariknya, pelatihan itu juga diikuti lima orang pengusaha tunadaksa.

Pelatihan itu, merupakan bagian dari Gerakan Ayo Bangkit, prakarsa Ketua Golkar Aburizal Bakrie. Sebelumnya, pelatihan untuk memperdalam pengetahuan dan keterampilan kepada pengusaha sektor usaha kecil itu juga dilaksankan Partai Golkar di Kabupaten Aceh Besar dan Kabupaten Aceh Utara. Kepada setiap peserta juga diberi bantuan modal usaha untuk menyokong dalam menjalanka usaha yang dirintis.

Pelatihan bermoto Gerakan Ayo Bangkit di Hotel Muligo Meulaboh, kemarin, dibuka ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD)-I Partai Golkar Aceh, Sulaiman Abda. “Gerakan Ayo Bangkit ini diluncurkan oleh Ketua Golkar Aburizal Bakrie,” kata Sulaiman Abda di hadapan ratusan peserta pelatihan.

Gerakan ini, menurut Sulaiman Abda sebagai wujud keberpihakan Aburizal Bakrie terhadap rakyat. “Program ini adalah inisaitif dari Bapak H. Aburizal Bakrie. Beliau melihat kondisi Eropa yang sedang krisis bisa berimbas kepada Indonesia. Dengan memperkuat Ekonomi mikro perekonomian nasional bisa tangguh yang pada akhirnya Indonesia tidak rentan terhadap krisis Global. Beliau prihatin melihat nasib rakyat yang masih belum maju dibanding rakyat di berbagai negara. Sebagai pengusaha Aburizal Bakrie tergerak untuk membantu pengusaha kecil di desa-desa,” jelasnya.

Dia menjelaskan kunci bangkitnya pengusahan diawali dari pengusaha kecil di tingkat desa. “Kalu di desa bangkit maka kecamatan juga akan bangkit. Seterusnya, kabupaten dan provinsi dan jika seluruh kabupaten bangkit sudah pasti Indonesia akan bangkit,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Sulaiman Abda juga meminta T Alaidinsysh (H Tito) Cabub Aceh Barat dalam Pemilukada 2012, untuk berbagi pengalaman dalam mengelola usaha. Cabup yang juga pengusaha di Meulaboh itu menjelaskan untuk menjadi pengusaha itu ada empat syarat penting. “Niat baik, kesediaan untuk berbagi dengan kaum dhuafa dan miskin, tidak kaku dalam bergaul, serta keharusan membangun jaringan,” jelas H Tito.

Selain itu kata Sulaiman Abda, awalnya untuk Aceh diberikan kuota pelatihan untuk 300 pengusaha kecil, tapi pihanya meminta tambahan melebihi 1000 orang. “Kami minta kuota tambahann itu karena masih banyak pengusaha kecil dan menengah yang harus dibina manajemennya, sebab keberhasilan usaha seseorang sangat ditetukan oleh kecakapan manajemennya,” lanjut Sulaiman Abda.

Selain memberi pelatihan manajemen bagi pengusaha kecil dan menengah, Partai Golkar juga memberikan modal usaha kepada peserta sebanyak satu juta rupiah untuk satu orang. “Jangan lihat jumlah bantannya, yang terpenting pelatihan, kalau sudah ada ilmu masyarakat sudah bisa mengembangkan usahanya. Dan kita berharap bagi masyarakat yang ingin bergabung dengan program ini silakan mendaftar di www bersamaayobangkit,” ajaknya.

Selain itu kata Sulaiman Abda, kondisi bangsa hari ini dimana Indeks Pembangunan Manusia untuk tahun 2011 menempatkan Indonesia di posisi yang rendah dan tertinggal jauh dari negara-negara di Asia Tenggara yang lain semakin memotivasi kami untuk mengadakan pelatihan ini.

“Sudah banyak program/bantuan yang diberikan oleh pemerintah namun hasil akhirnya bisa kita lihat bersama seperti apa kondisi bangsa kita saat ini. Oleh karena itu maka masyarakatlah yang harus menyelamatkan dirinya sendiri dan anggota masyarakat yang lain dengan cara mengembangkan kewirausahaan,” lanjutnya.

Para pengusaha kecil yang terpilih akan mengikuti serangkaian kegiatan meliputi kursus sehari tentang pengelolaan dan pengembangan usaha, distribusi buku pengembangan usaha, dan konsultansi pengembangan usaha.

Lebih lanjut Sulaiman Abda mejelaskan, program pemberdayaan usaha kecil menekankan peningkatan wawasan dan skill usaha para pengusaha mikro dan tidak memberikan pelayanan keuangan. Pelayanan keuangan seperti simpan pinjam telah banyak disediakan melalui program pemerintah seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR), Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM).

Sementara Ketua Golkar Aceh Barat, Kamaruddin, menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Aburizal Bakrie atas kepeduliannya kepada masyarakat di Aceh Barat. Dia juga berharap agar kegiatan itu dapat membantu masyarakat kecil sehingga rakyat semakin cepat bangkit dari keterpurukannya selama ini.(min/azh)

Follow Twitter
Adsense Content. bottom of article

0 komentar:

Posting Komentar