Adsense Link 728 X 15;

KM Trumon Terbengkalai

Posted by selaluadadisiniuntukmu Jumat, 27 Januari 2012 0 komentar
Adsense Content. recommended 336 X 300
KM Trumon Terbengkalai

Tapaktuan | Harian Aceh – Kapal Motor (KM) Trumon bantuan Pemerintah Aceh melalui dana BRR tahun 2007, kini terbengkalai di Pelabuhan penyeberangan ferry Labuhanhaji, Kabupaten Aceh Selatan dengan kondisi rusak akibat karam beberapa waktu lalu.

KM Trumon terdampar di Pelabuhan Penyebrangan

KM Trumon terdampar di Pelabuhan Penyebrangan Kapal Ferry Labuhanhaji dalam keadaan rusak berat. Foto diambil Minggu lalu.(Harian Aceh | Heriansyah)

Kapal dengan harga satu miliyar lebih itu, belum memberikan manfaat apa-apa bagi masyarakat setempat. Sebaliknya membuat resah nelayan di lokasi tambat boat nelayan di Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Pasar lama Labuhanhaji. Selain merusak pemandangan, kapal yang telah parkir tahunan di PPI itu menghambat boat nelayan yang akan bersandar untuk bongkar hasil tangkapan.

Kepala Dinas Perhubungan Telekomunikasi dan Kominfo Kabupaten Aceh Selatan, Drs Tio Achriyat menjelaskan program pembuatan kapal itu semasa dirinya belum menjadi kepala dinas. “KM Trumon dengan bukaan 2,7 dan panjang 13 meter tersebut, sedianya diperuntukkan sebagai sarana transportasi masyarakat dari dan ke kedai Trumon â€"Bulohseuma yang pada waktu itu belum ada kapal khusus angkut barang dan penumpang,” jelasnya.

Namun menurutnya, kapal tersebut tidak dapat dioperasikan sesuai peruntukan sebab lambung kapal sangat lancip, sehingga tidak dapat memasuki muara Bulohseuma dan muara Keude Trumon yang relatif dangkal.

Karenanya, KM Trumon akan dialih fungsi menjadi kapal pengawal laut karena memiliki kecepatan 12 knot/jam. Tetapi karena biaya operasional tidak tersedia maka kapal yang ditambat di PPI labuhanhaji, akhirnya bocor kemudian karam.

“Karamnya kapal tersebut membuktikan bahwa bahan yang digunakan untuk pembuatan kapal kurang baik dan kapasitas kekuatan mesin tidak sebanding dengan daya tahan bodi kapal yang mengakibatkan timbulnya getaran yang sangat tinggi ketika belayar,” lanjutnya.

Apalagi, lanjut Tio biaya untuk perawatan kapal itu selama diparkir tidak memadai. Kendatipun demikian, mesin KM Trumon bermerk Volvo itu, kini diamankan di kantor Dishubtelkominfo. Tio hanya tersenyum saat ditanya apakah KM Trumon korban program asal.

Sementara itu, Zasrial, 41 warga Tapaktuan mengatakan jika KM Trumon dalam kondisi baik, pasti dapat dimanfaatkan untuk penyeberangan orang dan barang dari Labuhanhaji ke Sinabang mengisi kekosongan kapal ferry.(cia)

Follow Twitter
Adsense Content. bottom of article

0 komentar:

Posting Komentar